berbagi ilmu tidak mengurangi ilmu yang kita punya. tetapi dengan berbagi ilmu kita akan memperkaya pengetahuan dan wawasan kita.

Selasa, 10 Juni 2014

mainan jaman dulu

wah...kali ini ini kita bernostalgia lagi. sekarang gw ingin berbagi indahnya masa lalu dengan mainan waktu sd dulu

 -gambaran



















ini nih mainan paling populer waktu sd.bahkan sekarang juga masih banyak dijual di sd-sd.gambaran ini bisa dibuat permainan kyu-kyu atau ga potong roti juga masih banyak lagi permainan yang bsa dibuat dari gambaran ini.

-gundu / kelereng




haha..ini nih maenan paforit w...sampe ada dua botol penuh kelereng...

-layangan















layangan ini ga hanya bisa ngelatih kosentrasi..tapi juga buat olah raga..kalo ada layangan yang putus aja buru-buru berebut ngejarnya.

-biji karet
















biji karet ini diadu dengan cara ditumpuk terus dipukul dah pake tangan.yang pecah berati kalah.isinya bisa digunain buat ngegosok biji karet laen yang katanya mah biar bisa kuat gitu biji karetnya ga gampang pecah.selain ini katanya juga biar biji karetnya mengkilap.

-yoyo

















kalo dulu mah ini maenan terbuat dari kayu.tapi sekarang kebanyakan terbuat dari plastik jadi kalo jatoh gampang pecah.

-pletokan



ini digunakan buat maen tembak-tembaka.pelurunya biasanya pake koran bekas yang direndem air.permainan ini aga berbahaya sih..dulu pas sd sempet ada razia nih mainan.
 
segitu dulu... mungkin mainan-mainan diatas sekarang ini masih bisa bertahan dan masih ada tapi sudah kalah dengan mainan mainan yang lebih modern.jadi mari kita lestarikan mainan mainan tersebut agar tidak kalah dengan mainan modern.
 
 
 
sumber:http://selonboys.blogspot.com/2011/04/mainan-jaman-dulu.html

0 comments:

Posting Komentar