berbagi ilmu tidak mengurangi ilmu yang kita punya. tetapi dengan berbagi ilmu kita akan memperkaya pengetahuan dan wawasan kita.

Selasa, 24 Maret 2015

Surat :penjelasan, jenis dan contoh surat bahasa inggris



Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. Fungsi dari surat mencakup lima hal yaitu :

  1. Sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran, dan gagasan
  2. Alat bukti tertulis
  3. Alat pengingat
  4. Bukti historis
  5. Pedoman kerja.

Pada umumnya, surat membutuhkan sebuah perangko yang berfungsi sebagai biaya pengiriman.. Semakin jauh tujuan pengiriman surat maka nilai yang tercantum di perangko harus semakin besar juga.


Jenis Surat
     Secara umum surat digolongkan menjadi tiga yaitu surat pribadi, surat dinas, dan surat niaga apabila ditinjau dari segi bentuk, isi, dan bahasanya.  Sedangkan apabila digolongkan berdasarkan berdasarkan pemakaiannya dapat dibagi menjadi tiga yaitu surat pribadi, surat resmi, dan surat dinas. 

Surat pribadi
Surat pribadi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan pribadi. Surat dapat berupa korespondensi antara sesama teman atau keluarga. Ciri-ciri surat pribadi yaitu
1.Tidak menggunakan kop surat
2.Tidak ada nomor surat
3.Salam pembuka dan penutup bervariasi
4.Penggunaan bahasa bebas, sesuai keinginan penulis
5.Format surat bebas

contoh surat pribadi dalam bahasa inggris



Bekasi 24 March 2015

Muslihudin
Jln. Melati. No. 27
Lombok 83654

Hello my friend, how are you doing, there? I hope you are in good condition, I'm fine here. I am sending this letter to give you some good news.
It’s been four years we separated, since I moved to bekasi. I’m really looking forward to meeting with you soon. After waiting for so long, i finally granted permission to visit you in Lombok. Maybe next month i will go there by plane. When i got there, you have to take me around to the tourist attractions there. I really wanted to visit the Gili Trawangan beach and mount rinjani. See you there buddy.

Your friend,

Aji


Surat resmi
Surat resmi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan resmi, baik perseorangan, instansi, maupun organisasi; misalnya undangan, surat edaran, dan surat pemberitahuan. Ciri-ciri surat resmi:
1.         Menggunakan kop surat apabila dikeluarkan organisasi
2.         Ada nomor surat, lampiran, dan perihal
3.         Menggunakan salam pembuka dan penutup yang lazim
4.         Penggunaan ragam bahasa resmi
5.         Menyertakan cap atau stempel dari lembaga resmi
6.         Ada aturan format baku
Bagian-bagian surat resmi:
  • Kepala/kop surat
  • Kop surat terdiri dari:
    1.  Nama instansi/lembaga, ditulis dengan huruf kapital/huruf besar.
    2.  Alamat instansi/lembaga, ditulis dengan variasi huruf besar dan kecil
    3.  Logo instansi/lembaga
  • Nomor surat, yakni urutan surat yang dikirimkan
  • Lampiran, berisi lembaran lain yang disertakan selain surat
  • Hal, berupa garis besar isi surat
  • Tanggal surat (penulisan di sebelah kanan sejajar dengan nomor surat)
  • Alamat yang dituju (jangan gunakan kata kepada)
  • Pembuka/salam pembuka (diakhiri tanda koma)
  •  Isi surat
Uraian isi berupa uraian hari, tanggal, waktu, tempat, dan sebagainya ditulis dengan huruf kecil, terkecuali penulisan berdasarkan ejaan yang disempurnakan (EYD) haruslah menyesuaikan.
  •  Penutup surat
Penutup surat, berisi
1.Salam penutup
2.Jabatan
3.Tanda tangan
4.Nama (biasanya disertai nomor induk pegawai atau NIP)
  • Tembusan surat, berupa penyertaan/pemberitahuan kepada atasan tentang adanya suatu kegiatan
Surat Niaga
Surat niaga digunakan bagi badan yang menyelenggarakan kegiatan usaha niaga seperti industri dan usaha jasa. Surat ini sangat berguna dalam membangun hubungan dengan pihak luar sehingga harus disusun dengan baik. Surat niaga terdiri atas surat jual beli, kwintansi, dan perdagangan; dan dapat dibagi atas surat niaga internal dan surat niaga eksternal. Salah satu contoh dari surat niaga adalan surat penawaran dan surat penagihan.

Surat Dinas
Surat dinas digunakan untuk kepentingan pekerjaan formal seperti instansi dinas dan tugas kantor. Surat ini penting dalam pengelolaan administrasi dalam suatu instansi. Fungsi dari surat dinas yaitu sebagai dokumen bukti tertulis, alat pengingat berkaitan fungsinya dengan arsip, bukti sejarah atas perkembangan instansi, dan pedoman kerja dalam bentuk surat keputusan dan surat instruksi. Ciri-ciri surat dinas:
1.         Menggunakan kop surat dan instansi atau lembaga yang bersangkutan
2.         Menggunakan nomor surat, lampiran, dan perihal
3.         Menggunakan salam pembuka dan penutup yang baku
4.         Menggunakan bahasa baku atau ragam resmi
5.         Menggunakan cap atau stempel instansi atau kantor pembuat surat
6.         Format surat tertentu

Surat Lamaran Pekerjaan
Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang dibuat dan dikirimkan oleh seseorang yang ingin bekerja di sebuah kantor, perusahaan ataupun instansi tertentu. Surat lamaran pekerjaan termasuk surat dinas atau resmi. Oleh karena itu, terdapat aturan-aturan tertentu yang harus diperhatikan dalam penulisannya. Secara umum surat memiliki bagian-bagian seperti berikut ini
  • Tempat dan tanggal pembuatan surat
  • Nomor surat
  • Lampiran
  • Hal atau perihal
  • Alamat tujuan
  • Salam pembuka
  • Isi surat yang terbagi lagi menjadi tiga bagian pokok yaitu :
  1.  paragraf pembuka
  2.  isi surat
  3. paragraf penutup
  • Salam penutup
  • Tanda tangan dan nama terang

 Contoh Surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris


March 25, 2015

Ms.  Uehara Yui
Personnel Manager
HBS Power Company
Don Pepe, Balanga City

Dear Ms. Norbe:

Your advertisement in the March 22 issue of the Jakarta Bulletin calls for an executive secretary who is proficient in communication skills, computer literate, and with pleasing personality.  I sincerely believe that I meet your requirements for the position.

I am Risa Akane,  a graduate of Bachelor of Science, major in Psychology at La Salle University, Manila this March, 28, 2015 as a cum laude.

I consider as my assets: my proficiency in both written and spoken English and japan, my computer skills, and my leadership skills which were honed in my capacity as the editor in chief of my school’s student publication and as a Sangguniang Kabataan Chairman of our Barangay.  I am hardworking, efficient, and highly driven, and I am willing to undergo training to further improve my capabilities.

For your perusal and evaluation, I have enclosed my resume which includes my special skills, training and accomplishments and awards as a student, and a photocopy of my official transcript of records for your evaluation.  Should you wish to ask about my personal traits and capabilities, I have also included a list of references for you.

I am very much willing to come over for a personal interview with you anytime during office hours.

Respectfully yours,

Risa Akane






referensi :


http://id.wikipedia.org/wiki/Surat
 
http://www.belajarbahasainggris.us/2012/01/contoh-surat-lamaran-kerja-bahasa.html

0 comments:

Posting Komentar