berbagi ilmu tidak mengurangi ilmu yang kita punya. tetapi dengan berbagi ilmu kita akan memperkaya pengetahuan dan wawasan kita.

Minggu, 01 April 2012

KEINDAHAN

Keindahan atau keelokan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah "kecantikan yang ideal" adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.

Pengalaman "keindahan" sering melibatkan penafsiran beberapa entitas yang seimbang dan selaras dengan alam, yang dapat menyebabkan perasaan daya tarik dan ketenteraman emosional. Karena ini adalah pengalaman subyektif, sering dikatakan bahwa beauty is in the eye of the beholder atau "keindahan itu berada pada mata yang melihatnya.""


Kata benda Yunani klasik untuk "keindahan " adalah κάλλος, kallos, dan kata sifat untuk "indah" itu καλός, kalos. Kata bahasa Yunani Koine untuk indah itu ὡραῖος, hōraios, kata sifat etimologis berasal dari kata ὥρα, hora, yang berarti "jam." Dalam bahasa Yunani Koine, keindahan demikian dikaitkan dengan "berada di jam (waktu) yang sepatutnya."

Sebuah buah yang matang (pada waktunya) dianggap indah, sedangkan seorang wanita muda mencoba untuk tampil lebih tua atau seorang wanita tua mencoba untuk tampil lebih muda tidak akan dianggap cantik. Dalam bahasa Yunani Attic, hōraios memiliki banyak makna, termasuk "muda" dan "usia matang."
sumber

artikel!!

Sejuta Pesona Negeri Laskar Pelangi

 detikTravel Community - 
Pulau Belitung dengan keindahan alamnya membuat siapa saja yang datang berdecak kagum. Banyak tempat yang menyimpan keindahan alam, seperti yang ada di Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang, Pulau Babi, dan Pulau Lengkuas. Di sinilah berjuta pesona "Negeri Laskar Pelangi" dimulai.
"Negeri Laskar Pelangi" itulah julukan yang dikenal oleh masyarakat Indonesia untuk Pulau Belitung. Julukan tersebut mulai dikenal luas masyarakat sejak pemutaran film berjudul "Laskar Pelangi" dari novel karya Andrea Hirata yang dirilis pada tahun 2008.
Film tersebut sukses mengenalkan keindahan Pulau Belitung tidak hanya kepada masyarakat Indonesia, tetapi juga mancanegara. Tak sedikit penonton yang datang langsung ke Belitung untuk melihat keindahannya setelah menonton film ini, termasuk saya dan teman-teman saya. Keinginan tersebut akhirnya terwujud pada bulan Juli 2011.
Jika datang langsung ke Belitung, Anda akan melihat alam yang lebih indah dari yang tampak pada film. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Tinggi yang dihiasi oleh batu-batu tinggi. Pantai yang menjadi ikon film Laskar Pelangi ini, ternyata hanya sebagian kecil dari keindahan Pulau Belitung. Masih banyak tempat-tempat wisata alam yang menakjubkan, seperti Pulau Lengkuas, Pulau Babi, dan Pulau Burung. Berikut adalah tempat-tempat indah di Pulau Belitung yang berhasil saya kunjungi:
1. Pantai Tanjung Tinggi
Pantai ini terletak agak jauh dari pelabuhan Tanjung Pandan, yaitu pelabuhan di Pulau Belitung.Untuk mencapai Pantai Tanjung Tinggi, Anda membutuhkan waktu sekitar satu jam dari Tanjung Pandang.
Pantai ini sangat indah dengan batu-batu besar yang menjulang tinggi di sekitar pantai. Banyak wisatawan yang berenang atau sekedar menikmati sunset di pinggir pantai. Jika cuaca cerah, sunset tampak sangat indah di pantai ini. Warna pink daru matahari yang akan tenggelam sangat mengagumkan.
Jika berada di sini, Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan alamnya saja, tetapi juga kulinernya. Kuliner khas Belitung yang nikmat bernama "gangan", yaitu ikan digulai dengan rasa pedas dan asem. Anda bisa mendapatkannya di warung yang tersedia di pinggir pantai.
2. Pantai Tanjung Kelayang
Jika Anda datang dari Pelabuhan Tanjung Pandan, jangan lupa untuk mampir ke Pantai Tanjung Kelayang. Letaknya tidak jauh dari Pantai Tanjung Tinggi. Satu hal yang tak terlupakan dari pantai ini, yaitu kelembutan pasirnya yang putih. Pasirnya juga sangat putih dan lembut. Kelembutannya bisa Anda rasakan saat berjalan tanpa alas kaki, bagaikan taburan bedak bayi.
3. Pulau Babi
Untuk menuju pulau ini, Anda harus menyewa perahu nelayan dari Tanjung Kelayang atau dari perkampungan nelayan. Biaya sewanya sekitar Rp 300.000 sampai Rp 500.000/perahu. Satu perahu bisa diisi sekitar 8 sampai 10 orang.
Anda pun bisa menjelajahi 3 pulau sekaligus dalam satu hari, yaitu Pulau Babi, Pulau Burung, dan Pulau Lengkuas. Pulau pertama yang dikunjungi adalah Pulau Babi, waktu tempuhnya sekitar 30 menit dari Tanjung Kelayang. Pulau ini masih sangat "perawan" dan bersih. Tak banyak pengunjung di sini.
Untuk yang menyukai snorkeling, Anda bisa menyewa perlengkapannya dengan harga berkisar Rp 30.000 hingga Rp 50.000. Selain snorkeling, Anda juga bisa melihat peternakan penyu. Puas mengelilingi pulau, saatnya mengisi perut, di sini telah tersedia warung makan dengan menu seafood dan sayur mayur yang lezat.
4. Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas berada tak jauh dari Pulau Babi, sekitar 15 menit. Batu yang terdapat di pulau ini lebih banyak daripada di Tanjung Tinggi. Selain itu, ada juga menara yang dibangun pada zaman Belanda. Anda bisa masuk dan naik ke atas menara setinggi 18 lantai tersebut. Setiap lantai tersedia jendela untuk pengunjung yang ingin melihat keindahan pantai dan laut di Pulau Lengkuas.
Tak lengkap rasanya bila datang ke Belitung tanpa berwisata kuliner. Tak jauh dari Pelabuhan Tanjung Pandan, ada kuliner yang enak, yaitu Kedai SS yang menyediakan Ayam Tulang Lunak dan Nasi Bakar yang maknyus. Selain menunya yang mantap, tempatnya juga asyik buat nongkrong baik bagi kaum muda dan tua.
Enjoy The Trip! ;)
sumber


my opini:
KEINDAHAN...menurut saya keindahan itu merupakan segala sesuatu yang bagus, menakjubkan dan enak dilihat,atau bisa juga sesuatu yang dapat membuat kita senang. keindahan dapat dilihat pada berbagai aspek yang ada di dunia ini salahsatunya adalah keindahan alam seperti artikel yang berada diatas.

Kita pantas bersyukur karena memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. salah satunya adalah keindahan di belitung seperti artikel yang ditulis di atas. saat menonton sebuah film yang berjudul "Laskar Pelangi" keindahan pulau belitung sangat terlihat dan membuat banyak orang merasa takjub.keindahan pantai disana dengan batu-batu besar yang menjadi ciri khasnya.keindahan ini akan bertambah pada saat matahari tenggelam.

keindahan-keindahan yang dimiliki oleb bangsa Indonesia ini harus lah kita jaga dan lestarikan agar keindahannya akan terus terjaga dan dapat kita nikmati, dan janganlah sampai dirusak oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.terutama buat pemerintah yang hendaknya membantu melestarikan dan memajuka keindahan alam yang dimilikinya sehingga bisa menjadi aset yang sangat penting dalam dunia pariwisata sehingga dapat menguntungkan juga.

selain pemandangan masih ada lagi hal-hal yang dapat dihubungkan dengan keindahan seperti lukisan, alat musik, tarian, lagu dan sebagainya yang meliputi ruang lingkup seni. karena seni merupakan suatu eksprsidari perwujudan keindahan.

selain pemandangan dan seni masih banyak lagi keindahan yang dapat kita temui.yaitu adalah moral atau perilaku. mengapa saya menyebut demikian karena perilaku atau moral kita itu adalah cermin dari keindahan diri kita. apabila prilaku kita baik maka akan membuat orang lain merasa senang dengan kita.membuat senang pun dapat diartikan sebagai keindahan. jadi kesimpulannya keindahan itu mencakup semua aspek kehidupan yang ada didunia ini baik dari pemandangan, seni, perilaku atau moral dan juga aspek-aspek lainnya.

0 comments:

Posting Komentar