Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh
suatu pihak kepada pihak lain. Fungsi dari surat mencakup lima hal yaitu :
- Sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran, dan gagasan
- Alat bukti tertulis
- Alat pengingat
- Bukti historis
- Pedoman kerja.
Pada umumnya, surat membutuhkan
sebuah perangko yang berfungsi sebagai biaya pengiriman.. Semakin jauh tujuan
pengiriman surat maka nilai yang tercantum di perangko harus semakin besar
juga.
Jenis
Surat
Secara umum surat digolongkan menjadi tiga yaitu surat pribadi, surat
dinas, dan surat niaga apabila ditinjau dari segi bentuk, isi, dan
bahasanya. Sedangkan apabila digolongkan
berdasarkan berdasarkan pemakaiannya dapat dibagi menjadi tiga yaitu surat pribadi,
surat resmi, dan surat dinas.
Surat
pribadi
Surat pribadi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan pribadi.
Surat dapat berupa korespondensi antara sesama teman atau keluarga. Ciri-ciri
surat pribadi yaitu
1.Tidak menggunakan kop
surat
2.Tidak ada nomor surat
3.Salam pembuka dan penutup
bervariasi
4.Penggunaan bahasa bebas,
sesuai keinginan penulis
5.Format surat bebas
contoh surat pribadi dalam bahasa inggris
Bekasi 24 March 2015
Muslihudin
Jln. Melati. No. 27
Lombok 83654
Hello my friend, how are you doing, there? I hope
you are in good condition, I'm fine here.
I am sending this letter to give you some good news.
It’s been four years we separated, since I moved to bekasi. I’m
really looking forward to meeting with you soon. After waiting for so long, i
finally granted permission to visit you in Lombok. Maybe next month i will go
there by plane. When i got there, you have to take me around to the tourist
attractions there. I really wanted to visit the Gili Trawangan beach and mount rinjani. See you
there buddy.
Your friend,
Aji
Surat
resmi
Surat resmi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan resmi, baik
perseorangan, instansi, maupun organisasi; misalnya undangan, surat edaran, dan
surat pemberitahuan. Ciri-ciri surat resmi:
1. Menggunakan kop surat
apabila dikeluarkan organisasi
2. Ada nomor surat,
lampiran, dan perihal
3. Menggunakan salam pembuka
dan penutup yang lazim
4. Penggunaan ragam bahasa
resmi
5. Menyertakan cap atau
stempel dari lembaga resmi
6. Ada aturan format baku
Bagian-bagian surat resmi:
- Kepala/kop surat
- Kop surat terdiri dari:
- Nama instansi/lembaga, ditulis dengan huruf kapital/huruf besar.
- Alamat instansi/lembaga, ditulis dengan variasi huruf besar dan kecil
- Logo instansi/lembaga
- Nomor surat, yakni urutan surat yang dikirimkan
- Lampiran, berisi lembaran lain yang disertakan selain surat
- Hal, berupa garis besar isi surat
- Tanggal surat (penulisan di sebelah kanan sejajar dengan nomor surat)
- Alamat yang dituju (jangan gunakan kata kepada)
- Pembuka/salam pembuka (diakhiri tanda koma)
- Isi surat
Uraian isi berupa uraian hari, tanggal, waktu, tempat, dan sebagainya
ditulis dengan huruf kecil, terkecuali penulisan berdasarkan ejaan yang
disempurnakan (EYD) haruslah menyesuaikan.
- Penutup surat
Penutup surat, berisi
1.Salam penutup
2.Jabatan
3.Tanda tangan
4.Nama (biasanya disertai
nomor induk pegawai atau NIP)
- Tembusan surat, berupa penyertaan/pemberitahuan kepada atasan tentang adanya suatu kegiatan
Surat
Niaga
Surat niaga digunakan bagi badan yang menyelenggarakan kegiatan usaha
niaga seperti industri dan usaha jasa. Surat ini sangat berguna dalam membangun
hubungan dengan pihak luar sehingga harus disusun dengan baik. Surat niaga
terdiri atas surat jual beli, kwintansi, dan perdagangan; dan dapat dibagi atas
surat niaga internal dan surat niaga eksternal. Salah satu contoh dari surat
niaga adalan surat penawaran dan surat penagihan.
Surat
Dinas
Surat dinas digunakan untuk kepentingan pekerjaan formal seperti instansi
dinas dan tugas kantor. Surat ini penting dalam pengelolaan administrasi dalam
suatu instansi. Fungsi dari surat dinas yaitu sebagai dokumen bukti tertulis,
alat pengingat berkaitan fungsinya dengan arsip, bukti sejarah atas perkembangan
instansi, dan pedoman kerja dalam bentuk surat keputusan dan surat instruksi.
Ciri-ciri surat dinas:
1. Menggunakan kop surat dan
instansi atau lembaga yang bersangkutan
2. Menggunakan nomor surat,
lampiran, dan perihal
3. Menggunakan salam pembuka
dan penutup yang baku
4. Menggunakan bahasa baku
atau ragam resmi
5. Menggunakan cap atau
stempel instansi atau kantor pembuat surat
6. Format surat tertentu
Surat
Lamaran Pekerjaan
Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang dibuat dan dikirimkan oleh
seseorang yang ingin bekerja di sebuah kantor, perusahaan ataupun instansi
tertentu. Surat lamaran pekerjaan termasuk surat dinas atau resmi. Oleh karena
itu, terdapat aturan-aturan tertentu yang harus diperhatikan dalam
penulisannya. Secara umum surat memiliki bagian-bagian seperti berikut ini
- Tempat dan tanggal pembuatan surat
- Nomor surat
- Lampiran
- Hal atau perihal
- Alamat tujuan
- Salam pembuka
- Isi surat yang terbagi lagi menjadi tiga bagian pokok yaitu :
- paragraf pembuka
- isi surat
- paragraf penutup
- Salam penutup
- Tanda tangan dan nama terang
Contoh Surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris
March 25, 2015
Ms. Uehara Yui
Personnel Manager
HBS Power Company
Don Pepe, Balanga City
Dear Ms. Norbe:
Your advertisement in the March 22 issue of the Jakarta Bulletin calls for an executive secretary who is proficient in communication skills, computer literate, and with pleasing personality. I sincerely believe that I meet your requirements for the position.
I am Risa Akane, a graduate of Bachelor of Science, major in Psychology at La Salle University, Manila this March, 28, 2015 as a cum laude.
I consider as my assets: my proficiency in both written and spoken English and japan, my computer skills, and my leadership skills which were honed in my capacity as the editor in chief of my school’s student publication and as a Sangguniang Kabataan Chairman of our Barangay. I am hardworking, efficient, and highly driven, and I am willing to undergo training to further improve my capabilities.
For your perusal and evaluation, I have enclosed my resume which includes my special skills, training and accomplishments and awards as a student, and a photocopy of my official transcript of records for your evaluation. Should you wish to ask about my personal traits and capabilities, I have also included a list of references for you.
I am very much willing to come over for a personal interview with you anytime during office hours.
Respectfully yours,
Risa Akane
Ms. Uehara Yui
Personnel Manager
HBS Power Company
Don Pepe, Balanga City
Dear Ms. Norbe:
Your advertisement in the March 22 issue of the Jakarta Bulletin calls for an executive secretary who is proficient in communication skills, computer literate, and with pleasing personality. I sincerely believe that I meet your requirements for the position.
I am Risa Akane, a graduate of Bachelor of Science, major in Psychology at La Salle University, Manila this March, 28, 2015 as a cum laude.
I consider as my assets: my proficiency in both written and spoken English and japan, my computer skills, and my leadership skills which were honed in my capacity as the editor in chief of my school’s student publication and as a Sangguniang Kabataan Chairman of our Barangay. I am hardworking, efficient, and highly driven, and I am willing to undergo training to further improve my capabilities.
For your perusal and evaluation, I have enclosed my resume which includes my special skills, training and accomplishments and awards as a student, and a photocopy of my official transcript of records for your evaluation. Should you wish to ask about my personal traits and capabilities, I have also included a list of references for you.
I am very much willing to come over for a personal interview with you anytime during office hours.
Respectfully yours,
Risa Akane
referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Surat
http://www.belajarbahasainggris.us/2012/01/contoh-surat-lamaran-kerja-bahasa.html
0 comments:
Posting Komentar